Jumat, 10 September 2010

Apa sih bedanya Syiah sama Suni??

assalamualaikum..
Gimana kabarnya niy?? lama banget gk posting di blog ini. kangen banget tau!! hhihi

Kali ini aku pengen banget bahas soal perbadaannya Syiah dan Suni. Dua aliran Islam terbesar sedunia. Dua aliran ini sering banget bentrok apalagi di daerah Pakistan sana.

Rasa terima kasih yang sangat besar buat Pak Warsono yg posting di http://ressay.wordpress.com/2007/02/08/obrolan-santai-suni-syiah/
Beliau udah kasih penjelasan tentang pengertian Syiah dan Suni dalam pembahan yg sangat ringan.

Let's check it out!!

Dasar kebenaran
Kita tidak akan mungkin menganut sebuah ajaran kalo kita tahu ajaran itu gk bener kan?? Syiah dan Suni punya dasar masing-masing.
Suni --> "Umat Islam bakal terpecah menjadi 73, yang benar adalah Ahlu Sunah."
Syiah --> "Ahlul Bait adalah laksana bahtera Nuh, siapa yang masuk di dalamnya akan selamat"

Apakah Quran beda??
Tentu saja tidak! Banyak yang bilang kalo Alquran orang Syiah itu beda. tapi itu gk bener. Kalo memang orang Syiah itu punya Alquran sendiri,sudah pati bakal ada Alquran terbitan Iran. kan Iran adalah negara penganut Syiah.

RUKUN IMAN DAN ISLAM
Syiah punya Usuludin dan Furu'udin. Usuludin ada 5 yakni Tauhid, Adalah (keadilan Allah), Nubuwah (kenabian), Imamah dab Qiyamah. berbeda sedikit sama Rukun iman versi Suni, yaitu pada Imamah. yang lain sama ajah, cuma istilahnya ajah yang beda.
Kalo Suni punya istilah Khilafah, tapi gak masuk dalam Rukun Iman. Kalian anggep Syiah gak percaya sama Kitab, Malaikat dan Taqdir, itu salah besar! tentu sAja Syiah percaya sama Kitab, Malaikat. tapi itu masuk ke dalam Tauhid dan Nubuwah. Sedangkan Taqdir, mereka menekankan pada Adalah, keadilan Tuhan dalam Taqdir.
Sedangkan Furu'udin itu hampir sama kayak Rukun Islam lainnya, cuma ada beberapa tambahan seperti Khums,Jihad, amar ma'ruf nahi munkar.
kalo di Suni, khums itu masuknya ke zakat. Yakni, zakat barang tambang, barang rampasan perang itu 1/5 (khums).. tapi d Syiah, tidak hanya barang tambang dan rampasan perang, tetapi setiap keuntungan, termasuk kelebihan pendapatan dalam setahun (seperti zakat profesi), dikenai 1/5. lumayan banyak sih..kalo dibandingkan sama Suni yang cuma 2.5%

MADZHAB FIKH
Cara solat dan puasanya secara umum sama ajah. Subuh 2 rakaat, dhuhur 4 rakaat..dst. gerakannya jg sama dari takbir sampai salam. namun ada beda pada detailnya. Kalo Syiah itu pada saat berdiri tangan gak sedekap, tapi lurus. mengikuti fikh madzhab Ja'fari.
ya! Syiah punya madzhab Ja'fari. Sedangkan Suni punya 4 madzhab Hanafi, Syafii, Maliki, Hambali. madzhab ini mengikuti pendapat Ja'far Shadiq, salah satu imam Syiah.
Ja'far Shadiq hidup hampir bersamaan dengan Imam Abu Hanifah dan Imam Malik, bahkan konon Imam Abu Hanifah dan Imam Malik pernah berguru pada Ja'far Shadiq.
Ternyata oh ternyata imam kaum Suni, Imam Syafii pernah berguru pada Imam Malik. Imam Ahmad pernah berguru pada Imam Syafii. Ternyata ke-5 imam madzhab itu berdamai ya?? tapi kenapa umatnya malah konflik gini. Orang jaman sekarang itu makin sulit toleransi, berbeda pendapat sedikit ajah udah dibilang "aqidah kita berbeda, kamu bukan saudara ku".

AHLUL BAIT NABI SAW
Ahlul bait maknanya banyak..ada yang mengartikan keturunan Ali, ada yang mengartikan kalo semua umat islam ini adalah Ahlul bait. tapi dalam pandangan Syiah, konsep Ahlul Bait justru merupakan pilar daru ajaran Syiah sebagaimana Hadist Nabi SAW "Sesungguhnya Aku tinggalkan padamu 2 perkara yang sangat berharga (tsaqalain) yang pertama adalah Kitab Allah dan yang kedua Ahlul bait ku". hadist ini shahih, diriwayatkan oleh Muslim.
Bagi kaum Syiah Ahlul Bait nabi lebih dari sekedar keluarga nabi tetapi adalah yang mereka jadikan panutan dan yang mereka cintai. mereka ingin menjadi kelompoknya.
Kaum Syiah menafsirkan surat ASy-syura: 23, "Katakanlah, aku tidak meminta kalian sesuatu upah pun dari seruanku kecuali kasih sayang terhadap keluarga (al- qurba)" sebagai Ahlul Bait nabi. Menurut Syiah Ahlul Bait nabi adalah Ahlul kisa yaitu Fatimah, Ali, Hasan dan Husain.. dan keturunannya.Sedangkan kaum Suni mengartikan Kluarga sebagai keluarga pada umumnya.
Kaum Syiah menganggap Ahlul Bait nabi itu dapat menjaga diri dan dijaga oleh Allah dari segala noda. dasarnya dari surat Al-mahzab:33 "Sesunggunnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya" inilah artinya ahlul bait d jaga ALlah.

sebenarnya Syiah dan Suni sama-sama mencitai Ahlul bait, lihat saja pada shalawat-shalawat yang salah satunya berbunyi "wa aali Muhammad"
Kaum Syiah memperingati hari Asy-syura sebagai bentuk kecintaannya pada Ahlul bait. Sejarah hari Asy-syura ialah dimana Al-Husein,cucu kesayangan Nabi SAW, bersama dengan sekitar 70an orang di bantai oleh orang-orang islam dan di Karbala.

Orang-orang SYiah adalah kaum yg sangat mencintai dan membela kluarga Nabi. jadi hal itu bisa dijadikan salah satu pembeda dengan kaum Suni.
Jika umat muslim global dapat bergabung, Suni (80%) dan Syiah (20%), bisa saja Amerika dan Isreal tidak seberani ini menantang kaum Muslim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar